Pengaruh Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dasar (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Padang)

Authors

  • Tesa Sofyra
  • Sukartini Politeknik Negeri Padang
  • Yossi Septriani Politeknik Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30630/aista.v2i1.31

Keywords:

Emotional Intelligence, Learning Interest, and Learning Behavior

Abstract

This study aims to determine the effect of emotional intelligence, interest in learning, and learning behavior on the level of understanding of basic accounting. This research is a quantitative research. The method of data collection is using a questionnaire instrument which is distributed online via google form. The population of this research is the Accounting students of the Padang State Polytechnic class of 2018, 2019, and 2020 for the Accounting DIV study program and the 2019 and 2020 batches for the Accounting DIII study program totaling 367 people. The research sample amounted to 159 people. Samples were taken using a selection method with certain criteria. Analysis of the data used is multiple linear regression analysis using SPSS version 23. Based on the results of data processing, it can be concluded that partially emotional intelligence has no significant effect on the level of understanding of basic accounting, interest in learning has a significant effect on the level of understanding of basic accounting and learning behavior has an effect significant to the level of understanding of basic accounting, while simultaneously emotional intelligence, interest in learning, and learning behavior affect the level of understanding of basic accounting.

References

Agustina, & Yanti, D. M. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Stie Mikroskil Medan. Wira Ekonomi Mikroskil, 5(1), 11–20.

Dalimunthe, M. I. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Universitas Medan Area. junrnal Mutiara Akuntansi, 5(2), 99-108. Http://E-Journal. Sari Mutiara. Ac. Id/Index. Php/ Jma/ Article/View/1381/1183.

Fanikmah, D. A. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(7), 1–16.

Ghozali, I. (2016). Desain Penelitian Kuantitatif Untuk Akuntansi, Bisnis, Dan Ilmu Sosial Lainnya (P. 51).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariabel Dengan Program Ibm Spss 25 (Edisi 9) (P. 51).

Hanifah, & Syukri Abdullah. (2017). Pengaruh Perilaku Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. Vol 1.

Haryati, D., & Feranika, A. (2020). Pengaruh Pengendalian Diri, Motivasi, Perilaku Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Iai Nusantara Batanghari Dan Universitas Dinamika Bangsa Jambi). 2(4), 232–241.

Karima, Z., Sudaryanti, D., & Junaidi. (2022). Pengaruh.Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual Dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Islam Malang & Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). 11(01), 14–22.

Karmita Syahbanda, Fadli Dahlan, M. Y. M. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Minat Belajar Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Nuku. 6.

Karuniawati, W., Maharani, H., & Fitri, A. (2021). Tingkat Pemahaman Akuntansi Pebisnis Milenial Di Jawa Timur. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 6(1), 1. Https://Doi. Org/10. 20473/ Baki. V6i1. 21939.

Masuroh, L. (2020). Universitas Medan Area. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansni Di Universitas Medan Area.

Melasari, R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasaran Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Islam Indragiri. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 24–34. Https://Doi. Org/10. 32520/Jak. V10i1.1645.

Musfiroh, T. (2014). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences), 60, 1–60. Http://Repository. Ut. Ac.Id/4713/2/Paud4404-Tm. Pdf.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. British Journal Of Haematology, 1, 1–11. Https://Doi. Org/10. 1111/J. 1365-2141. 1992. Tb08137. X.

Nurfajri, E., & Rocmawati. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Dengan Minat Belajar Sebagai Variabel Intervening. 3(4), 1612–1622.

Oemar, F., & Okto Fani, F. D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Kompetif, 1(1), 10–18. Https://Doi.Org/10.35446/Akuntansikompetif.V1i1.251

Pontoh, W. (2013). Winston. In As They Sail. Https://Doi.Org/10.2307/J.Ctv1tfw0xp.32.

Rokhana, L. A. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(1), 26–38.

Siti Maryam. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar, Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Stie Sutaatmadja Subang). 01, 143–151.

Sudiyani, N. N., & Susandya, A. A. P. G. B. A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi: Minat Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Riset Akuntansi, 10(2), 141–149.

Sugiartini, P. E., Herawati, N. T., & Sulindawati, L. G. E. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha). E-Journal S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 1–13.

Sugiyono. (2014). No Title. In Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (P. 80).

Sutra, O. D. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Politekanik Negeri Padang). Tugas Akhir. Politeknik Negeri Padang.

Wahyu, A. M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Di Kota Padang). Jurnal Akuntansi, 3(1), 1–18. Http://Ejournal. Unp. Ac. Id/Students/Index. Php/Akt/Article/View/1609.

Yan, N., & Au, O. T.-S. (2019). Online Learning Behavior Analysis Based On Machine Learning. Asian Association Of Open Universities Journal, 14(2), 97–106. Https://Doi.Org/10.1108/Aaouj-08-2019-0029

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Tesa Sofyra, Sukartini, & Yossi Septriani. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dasar (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Padang). Accounting Information System, Taxes and Auditing Journal (AISTA Journal), 2(1), 32–45. https://doi.org/10.30630/aista.v2i1.31