Analisis Kepuasan PBM – Ganjil 2020/2021

0 Comments

Indeks Pengajaran Dosen merupakan survey pelaksanaan PBM pada Jurusan Akuntansi yang dilaksanakan pada setiap semester. Pelaksanaan survey dilakukan secara online oleh setiap mahasiswa untuk semua mata kuliah yang ditempuhnya pada semester tersebut. Hasil survey ini juga menggambarkan bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelaksanaan PBM di semester bersangkutan. Hasil survey ini akan menjadi bahan evaluasi bagi Jurusan Akuntansi untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas PBM di masa depan.

ANALISIS BERDASARKAN PERTANYAAN

Hasil penilaian indeks pengajaran dosen Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang pada Semester Ganjil 2020/2021 berdasarkan data di atas diketahui memiliki nilai rata-rata semua pertanyaan sebesar 3.40. Penilaian tersebut terdiri atas 13 (tiga belas pertanyaan) untuk 48 (empat puluh delapan) mata kuliah yang diselenggarakan. Masing-masing pertanyaan memiliki indeks rata-rata tersendiri, indeks rata-rata tertinggi atas pertanyaan yang menjadi indikator penilaian indeks pengajaran dosen terdapat pada pertanyaan (P9) “Dosen mengarahkan untuk jujur dalam proses pembelajaran.” Besarnya nilai yang disumbangkan oleh pertanyaan ini adalah dengan angka 3.55, sedangkan indeks rata-rata terendah  atas pertanyaan penilaian terdapat pada indikator pertanyaan (P11) yang berkaitan dengan bagaimana dosen menggunakan jam tatap muka secara efektif. Nilai yang dihasilkan oleh pertanyaan ini berada di bawah indek rata-rata dengan selisih 0.11 atau dengan angka 3.29. Secara keseluruhan terdapat 7 (tujuh)  indeks rata-rata berdasarkan pertanyaan yang berada di bawah indeks rata-rata semua pertanyaan, sedangkan 6 (enam) lainnya berada di atas indeks grand total keseluruhan. Berikut ini penjabaran terkait indeks rata-rata berdasarkan pertanyaan dengan perbandingan melalui mata kuliah yang diselenggarakan pada semester ganjil 2020/2021.

Untuk nilai rata-rata setiap mata kuliah dapat dilihat pada grafik di bawah ini:

Jika dilihat dari data di atas yang menujukkan indeks rata-rata pertanyaan untuk setiap mata kuliah, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat sebanyak 25 (dua puluh lima) mata kuliah yang memiliki indeks rata-rata di atas nilai rata-rata secara keseluruhan (3.40), yang berarti 23 (dua puluh tiga) mata kuliah lainnya memiliki indeks rata-rata bawah rata-rata secara keseluruhan. Dalam hal penilaian indeks pengajaran dosen menunjukkan bahwa dosen yang mengajar mata kuliah Metodologi Penelitian memiliki indeks rata-rata tertinggi dengan nilai indeks rata-rata 3.77, sedangkan untuk indeks rata-rata mata kuliah yang terendah terdapat pada mata kuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan dengan indeks rata-rata yakni, 2.92.