Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister (S2) Terapan Sistem Informasi Akuntansi

Berikut hasil seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Padang  Program Studi  Magister Terapan Sistem Informasi Akuntansi tahun akademik 2021/2022:

PENGUMUMAN-S2-AKUNTANSI-TERAPAN

Program Magister (S2) Terapan Sistem Informasi Akuntansi

Politeknik Negeri Padang akan menandai awal tahun akademik 2020/2021 dengan  pembukaan program studi baru pada tingkat pascasarjana, yaitu Magister (S2) Terapan Sistem Informasi Akuntansi. Pembukaan Program Studi ini berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia N0.35337/A5/HK/2020.

Sebagai program yang berbasiskan pendidikan vokasional, Program Magister Terapan Sistem Informasi Akuntansi dirancang untuk menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang akuntansi dan sistem informasi.

Secara lebih spesifik, lulusan Program Magister (S2) Terapan program studi Sistem Informasi Akuntansi  dibekali dengan pengetahuan di bidang akuntansi dan sistem informasi, sehingga bisa berkarir sebagai :

 

● Akuntan (Accountant)

● Analis Keuangan (Financial Analyst)

● Auditor Keuangan dan Sistem Informasi

● Analis Sistem Informasi (Information Systems Analyst)

Chief Financial Officer

Chief Information Officer

● Konsultan Keuangan dan Sistem Informasi

● Pendidik dan Peneliti

 

Program ini akan diselenggarakan selama empat semester, dimana tiga semester dialokasikan untuk perkuliahan dan satu semester lainnya untuk penyusunan karya akhir.

 

Politeknik Negeri Padang menyadari bahwa di masa depan, perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat akan memberi pengaruh pada semua lini kehidupan, termasuk karir di bidang akuntansi. Oleh karena itu, pembukaan Program Magister (S2) Terapan Sistem Informasi Akuntansi ini merupakan respon positif Politeknik Negeri Padang dalam menghadapi era disrupsi.  

 

Reaksi positif ini menjadikan Politeknik Negeri Padang sebagai satu dari sedikit perguruan tinggi yang memiliki program dengan spesifikasi Akuntansi berbasis Teknologi Informasi. Di mana, saat ini baru ada tiga Politeknik di Indonesia yang menyelenggarakan program serupa.

 

Selain itu, program Magister Terapan Sistem Informasi Akuntansi Politeknik Negeri Padang (MT-SIA PNP) memiliki sejumlah keunggulan yang diyakini bisa menjadikannya sebagai pilihan utama bagi para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan pada level pasca sarjana. Keunggulan-keunggulan tersebut antara lain :

  

● Porsi pembelajaran teori dan praktik yang proporsional yang mencirikan pendidikan vokasi. Sebagai program magister terapan, MT-SIA PNP memberikan bobot yang besar pada aspek praktik.

 

Implementasi model pembelajaran blended learning (kombinasi model pembelajaran tatap muka/face to face dengan pembelajaran secara daring/online). Pembelajaran secara daring/online akan dilaksanakan dengan persentase 30% – 50%. sehingga diharapkan dapat memberikan fleksibilitas dalam proses pembelajaran dan memperluas akses terhadap sumber belajar

 

● Model pembelajaran berbasis project/studi kasus yang bersifat problem solving atas permasalahan yang ada di industri/pemerintah. Project Based Learning/case study diterapkan sebagai bagian utuh dari mata kuliah, dengan memberikan penugasan kepada mahasiswa untuk melakukan analisis dan kajian terkait mata kuliah tersebut melalui project/studi kasus pada entitas bisnis/pemerintah. Model ini diterapkan agar mahasiswa memahami permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh dunia usaha dan industri melalui praktik langsung.

 

● Penggunaan tools/software aplikatif dalam pembelajaran. Mahasiswa dibekali dengan kemampuan mengoperasikan berbagai tools/software seperti software simulasi pengambilan keputusan keuangan, software audit, software Database Management System, software data science dan berbagai software pengolahan data statistik.

 

Tenaga pengajar  adalah  team teaching kolaborasi akademisi  dan praktisi. Kolaborasi tim pengajar dengan praktisi dilakukan untuk membekali mahasiswa secara komprehensif baik dari aspek teoritis maupun implementasi praktis di industri. Dosen pada program MT-SIA PNP adalah para pakar pada bidangnya yang menyelesaikan pendidikan S3 dari Universitas bereputasi dalam dan luar negeri.

 

Dukungan kerjasama dari dunia industri dan pemerintah. Sebagai lembaga pendidikan vokasi, PNP didukung oleh berbagai jenis industri dan instansi pemerintah diantaranya PT. Semen Padang, PT. PLN (Persero), Pemerintah Daerah di Sumatera Barat, Kantor Akuntan Publik, BPK, BPKP, Dirjen Pajak, PT. Ultima Tekno Solusindo (Accurate Accounting Software), PT.Panin Sekuritas dan lainnya.

 

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru : https://pmb.pnp.ac.id

Brosur :