Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Corporate Social Responsibility Disclosure (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI)

Main Article Content

Bella Utami Putri
Elfitri Santi
Zalida Afni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi CSRD Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan periode 2018-2020. Faktor-faktor yang digunakan pada penelitian ini adalah profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, dan kinerja lingkungan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website resmi BEI, website perusahaan sampel, dan website kementerian lingkungan hidup dan kehutanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan teknik Pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 84 data perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage dan kinerja lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap CSRD, sedangkan ukuran perusahaan, dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap CSRD.

Article Details

How to Cite
Bella Utami Putri, Elfitri Santi, & Zalida Afni. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Corporate Social Responsibility Disclosure (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(1), 66-78. https://doi.org/10.30630/jabei.v1i1.12
Section
Articles