Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Aset Biologis Berdasarkan PSAK 69 (Studi Empiris pada Perusahaan Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2015-2020)

Main Article Content

Nur’aini
Fera Sriyunianti
Wiwik Andriani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan aset biologis sesuai dengan PSAK 69. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Faktor-faktor (variabel independen) yang diuji pada penelitian ini adalah intensitas aset biologis, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas dan tingkat internasionalisasi. Analisis dilakukan untuk periode sebelum PSAK 69 efektif berlaku (tahun 2015-2017) dan setelah PSAK 69 efektif berlaku (tahun 2018-2020). Pada masa PSAK 69 belum efektif berlaku, faktor tingkat internasionalisasi terbukti berpengaruh terhadap pengungkapan aset biologis. Namun faktor lainnya tidak terbukti berpengaruh terhadap pengungkapan aset biologis, yaitu intensitas aset biologis, pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas. Sedangkan pada masa PSAK 69 telah berlaku secara efektif, faktor intensitas aset biologis dan tingkat internasionalisasi terbukti berpengaruh terhadap pengungkapan aset biologis. Namun dua faktor lainnya tidak terbukti berpengaruh terhadap pengungkapan aset biologis, yaitu  pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas.

Article Details

How to Cite
Nur’aini, Fera Sriyunianti, & Wiwik Andriani. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Aset Biologis Berdasarkan PSAK 69 (Studi Empiris pada Perusahaan Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2015-2020). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(1), 109-115. https://doi.org/10.30630/jabei.v1i1.20
Section
Articles