Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pasien dalam Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Rumah Sakit Naili DBS Padang)

Main Article Content

Shavira Alifsya Irzain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat pasien dalam penggunaan alat pembayaran non tunai di Rumah Sakit Naili DBS Padang dimasa pandemi covid-19. Pada penelitian ini minat penggunaan alat pembayaran non tunai sebagai variabel dependen dan persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan kepercayaan sebagai variabel independen. Penelitian ini menggunakan Theory Acceptance Model (TAM) sebagai kerangka dasar penelitian dengan menambah variabel pendukung yaitu kepercayaan. Responden pada penelitian ini yaitu pasien yang menggunakan alat pembayaran non tunai di Rumah Sakit Naili DBS. Sampel diambil dengan menggunakan metode convenience sampling. Kuesioner yang diolah sebanyak 115 sampel. Pengujian data dilakukan menggunakan program IBM SPSS statistics ver.28. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan perepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan alat pembayaran non tunai, sedangkan kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan alat pembayaran non tunai.

Article Details

How to Cite
Shavira Alifsya Irzain. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pasien dalam Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Rumah Sakit Naili DBS Padang). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(2), 99-107. https://doi.org/10.30630/jabei.v1i2.37
Section
Articles