Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Padang)

Main Article Content

Agustina Putri Manisha
Rasyidah Mustika
Fitra Oliyan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar dan minat terhadap pembelajaran daring pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari kuesioner dan diukur menggunakan skala likert. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Program Studi Diploma III dan Diploma IV angkatan 2017-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda dengan menggunakan Software SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan motivasi dan minat terhadap pembelajaran daring pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang di masa pandemi covid-19. Motivasi yang dimiliki mahasiswa selama pembelajaran daring ini mendorong mahasiswa untuk mencapai hasil yang diinginkan, dan minat belajar yang dimiliki mahasiswa ditunjukkan pada ketertarikan dalam mengikuti pembelajaran, memiliki kesenangan dalam belajar dan rasa nyaman dalam belajar sehingga meningkatkan proses pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19.

Article Details

How to Cite
Manisha, A. P., Rasyidah Mustika, & Fitra Oliyan. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Padang). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(2), 118-223. https://doi.org/10.30630/jabei.v1i2.39
Section
Articles