Analisis Pengaruh Kebijakan Hutang dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Agency Cost sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2017)

  • Santry Afriani Dewi Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Padang
  • Firman Surya
  • Zahara
Keywords: Kebijakan hutang, ukuran perusahaan, agency cost, nilai perusahaan, analisis jalur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kebijakan hutang dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan melalui agency cost sebagai variabel intervening. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2017. Data dikumpulkan dengan metode purposive sampling dengan jumlah 106 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur dan pengolahan data dengan menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil pengujian disimpulkan bahwa secara parsial kebijakan hutang tidak berpengaruh negatif terhadap agency cost, ukuran perusahaan tidak berpengaruh positif terhadap agency cost, kebijakan hutang tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, agency cost tidak berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, serta kebijakan hutang tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan melalui agency cost sebagai variabel intervening, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan melalui agency cost sebagai variabel intervening.

References

Analisa, Y. (2011). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan : Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2008. Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Atmaja, S.L. (1999). Manajemen Keuangan. Edisi revisi dilengkapi soal-soal. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Barros, Lucas Ayres B. de C. and Alexandre Di Miceli da Silveira. (2007). Overconfidence, Managerial Optimisme and the Determinants of Capital Structure. Journal of Finance. Available on line at www.ssrn.com

Brigham, E.F, dan Houston, J.F. (2006). Fundamentals of financial management dasar-dasar manajemen keuangan. Buku 1 Edisi Kesepuluh. Jakarta : Salemba Empat.

Brigham, E.F, dan Houston, J.F. (2006). Fundamentals of financial management dasar-dasar manajemen keuangan. Buku 2 Edisi Kesepuluh. Jakarta : Salemba Empat.

Budiati, S.S. (2013). Analisis pengaruh insider ownership, kebijakan utang dan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI). Jurnal Manajemen. Universitas Negeri Padang.

Dewi, A.S.M., dan Wirajaya, A. (2013). Pengaruh struktur modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 4.2, 358-372.

Ernawati, D., dan Widyawati, D. (2015). pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, Vol. 4 No. 4, 1-17. STIESIA Surabaya.

Fachrudin, K.A. (2011). Analisis pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan, dan agency cost terhadap kinerja perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol.13, No. 1, 37-46.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : UNDIP.
Harmono. (2011). Manajemen keuangan berbasis balanced scorecard pendekatan teori, kasus, dan riset bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Hemastuti, C.P., dan Hermanto, S.B. (2014). Pengaruh profitabilitas, kebijakan dividen, kebijakan hutang, keputusan investasi dan kepemilikan insider terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 3 No. 4.

Hidayah, N., dan Widyawati, D. (2016). Pengaruh profitabilitas, leverage, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan food and beverages. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 5, Nomor 9.

Husnan, S., dan Pudjiastuti, E. (1998). Dasar-dasar manajemen keuangan. Edisi Kedua. Yogyakarta : UPP AMP YKPN

Immanuela, I. (2014). Pengaruh kempemilikan manajerial, struktur modal, ukuran perusahaan, dan agency cost sebagai variabel intervening terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Widya Warta, No. 01, ISSN 0854-1981, 59-70. Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

Jensen, M.C., and Meckling, W.H. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal of Financial Economics.

Kaen, F.R., & Baumann, H. (2003). Firm Size, Employees and Profitability in U.S Manufacturing Industries. Journal of Economic Literature.

Mardiyati, U., Ahmad, G.N., dan Putri, R. (2012). Pengaruh kebijakan dividen, kebijakan hutang dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2005-2010. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, Vol.3, No. 1

Naftaly, M., Safitri, L., dan Wijaya, T. (2015). Analisis pengaruh agency cost dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan manufaktur periode 2010-2014.
Nuraina, E. (2012). Pengaruh kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan hutang dan nilai perusahaan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi, 51-70.

Nurhayati, M. (2013). Profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan pengaruhnya terhadap kebijakan dividen dan nilai perusahaan sektor non jasa. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol. 5, No. 2


Pracihara, S.M. (2016). Pengaruh kebijakan hutang, kepemilikan manajerial, kebijakan dividen, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (studi pada sektor pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2011-2014). Jurnal Ilmu Manajemen. Universitas Negeri Surabaya.

Prastika, Ni Gst. Ayu Pt. S. (2012). Pengaruh Ios, Leverage, Dan Dividend Yield Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan Sektor Manufaktur Di BEI. Jurnal Magister Manajemen Universitas Udayana.

Pratiwi, N.I., Tandika, D., dan Nurdin. (2017). Pengaruh struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap agency cost pada industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2012-2015. Prosiding Manajemen. Volume. 3, No. 1, 200-205.

Putri, N.R. (2017). Permintaan meningkat, industri manufaktur tumbuh signifikan. Ditelusuri 27 November 2017. https://kumparan.com/novianti-rahmi-putri/permintaan-meningkat-industri-manufaktur-tumbuh-signifikan#z6FFbY74mOH7sbEF.99

Putu, N.N.G.M., Djumahir, Moeljadi, dan Djazuli, A. (2014). Factors Affecting Firms Value of Indonesia Public Manufacturing. International Journal of Business and Management Invention. Vol. 3 (2): pp 35-44.

Sofyaningsih, S., dan Hardiningsih, P. (2011). Struktur kepemilikan, kebijakan dividen, kebijakan hutang dan nilai perusahaan. Dinamika Keuangan dan Perbankan, Vol. 3, No. 1, Hal 68-87.

Suharli, M. (2006). Studi empiris terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan go public di Indonesia. Jurnal Maksi. Vol. 6, No. 1, 23-41. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
How to Cite
Santry Afriani Dewi, Firman Surya, & Zahara. (1). Analisis Pengaruh Kebijakan Hutang dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Agency Cost sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2017). Akuntansi Dan Manajemen, 13(1), 34-58. https://doi.org/10.30630/jam.v13i1.30