Bimtek Penyusunan Laporan Arus Kas Untuk Siswa dan Guru Akuntansi SMK Taruna 1 Padang

Authors

  • Ferdawati Politeknik Negeri Padang
  • Reno Fithri Meuthia Politeknik Negeri Padang
  • Reni Endang Sulastri Politeknik Negeri Padang
  • Welsi Haslina Politeknik Negeri Padang

Abstract

Kompetensi utama yang harus dimiliki siswa jurusan akuntansi di Sekolah Menengah Keguruan (SMK) adalah kompetensi dalam pengusunan laporan keuangan. Salah satu laporan keuangan tersebut adalah Laporan Arus Kas. Namun penyusunan Laporan Arus Kas ini selalu menjadi fobia/ditakuti oleh siswa karena mereka merasa sulit dalam menyusunnya, padahal mereka wajib penguasai kompetensi tersebut agar bisa lulus Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) sebelum mereka tamat SMK. SMK Taruna 1 Padang yang merupakan mitra dalam pengabdian ini hadapi kendala dalam pemahamani dan menyusun Laporan Arus Kas. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para guru dan siswa akuntansi SMK Taruna 1 Padang tentang penyusunan laporan arus kas berdasarkan standar akuntansi yang berlaku  di Indonesia beserta  berbagai  metode yang digunakan dalam penyusunan Laporan  Arus  Kas. Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan bimtek penyusunan Laporan Arus Kas untuk guru dan siswa, pendampingan pengajaran penyusunan Laporan Arus Kas oleh guru ke siswa, membuatan modul penyusunan Laporan Arus Kas yang disederhanakan yang mudah dipahami serta pembuatan soal yang bervariasi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dan siswa akuntansi SMK Taruna 1 Padang dalam penyusunan Laporan Arus Kas sehingga siswa dapat mengusun laporan keuangan secara lengkap dan dapat menyelesaikan soal UKK dengan baik dan mendapatkan hasil yang kompeten.

Downloads

Published

2022-11-06

How to Cite

Ferdawati, Reno Fithri Meuthia, Reni Endang Sulastri, & Welsi Haslina. (2022). Bimtek Penyusunan Laporan Arus Kas Untuk Siswa dan Guru Akuntansi SMK Taruna 1 Padang. JAPEPAM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Padang, 1(1), 13–19. Retrieved from https://akuntansi.pnp.ac.id/japepam/index.php/japepam/article/view/5