Bimtek Penyusunan Laporan Arus Kas Untuk Siswa dan Guru Akuntansi SMK Taruna 1 Padang
DOI:
https://doi.org/10.30630/japepam.v1i1.5Abstract
Kompetensi utama yang harus dimiliki siswa jurusan akuntansi di Sekolah Menengah Keguruan (SMK) adalah kompetensi dalam pengusunan laporan keuangan. Salah satu laporan keuangan tersebut adalah Laporan Arus Kas. Namun penyusunan Laporan Arus Kas ini selalu menjadi fobia/ditakuti oleh siswa karena mereka merasa sulit dalam menyusunnya, padahal mereka wajib penguasai kompetensi tersebut agar bisa lulus Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) sebelum mereka tamat SMK. SMK Taruna 1 Padang yang merupakan mitra dalam pengabdian ini hadapi kendala dalam pemahamani dan menyusun Laporan Arus Kas. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para guru dan siswa akuntansi SMK Taruna 1 Padang tentang penyusunan laporan arus kas berdasarkan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia beserta berbagai metode yang digunakan dalam penyusunan Laporan Arus Kas. Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan bimtek penyusunan Laporan Arus Kas untuk guru dan siswa, pendampingan pengajaran penyusunan Laporan Arus Kas oleh guru ke siswa, membuatan modul penyusunan Laporan Arus Kas yang disederhanakan yang mudah dipahami serta pembuatan soal yang bervariasi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dan siswa akuntansi SMK Taruna 1 Padang dalam penyusunan Laporan Arus Kas sehingga siswa dapat mengusun laporan keuangan secara lengkap dan dapat menyelesaikan soal UKK dengan baik dan mendapatkan hasil yang kompeten.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ferdawati, Reni Endang Sulastri, Welsi Haslina, Reno Fithri Meuthia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.