Peningkatan Pemahaman Akuntansi Pajak Bagi Guru Dan Siswa Jurusan Akuntansi SMKN 2 Bukittinggi

Authors

  • Ferdawati Ferdawati Politeknik Negeri Padang
  • Fera Sriyunianti Politeknik Negeri Padang
  • Welsi Haslina Politeknik Negeri Padang
  • Rangga Putra Ananto Politeknik Negeri Padang
  • Desi Handayani Politeknik Negeri Padang

Keywords:

Pajak Penghasilan, Akuntansi Pajak, UU Pajak, PPN

Abstract

Jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki peminat yang tinggi. Siswa yang lulus dari jurusan akuntansi dituntut memiliki kompetensi dalam menyusun laporan keuangan dan perpajakan. Akuntansi pajak  merupakan bagian dari  kompetensi penting yang dimiliki oleh siswa SMK Jurusan Akuntansi. Akuntansi Pajak tercipta karena adannya suatu prinsip dasar yang diatur dalam undang-undang perpajakan dan pembentukannya terpengaruh oleh fungsi perpajakan dalam mengimpletasikan-nya sebagai kebijakan pemerintah. Tujuan akuntansi pajak adalah menetapkan besarnya pajak terhutang berdasarkan laporan keuangan. Mitra dalam Pengabdian ini adalah SMKN 2 Bukittinggi. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari mitra bahwa masih banyaknya guru dan siswa akuntansi mereka yang tidak memahami akuntansi pajak yang mengakibatkan kompetensi lulusan yang ingin dicapai sulit diwujudkan. Penyebabnya adalah kurangnya pemahaman akan akuntansi pajak dan peraturan pajak itu sendiri serta kurangnya literatur. Disamping itu mata pelajaran pajak dan akuntansi diajarkan secara terpisah mengebabkan tidak diajarkannya bagaimana pengerjaan kasus pajak yang terintegrasi dengan akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan. Padahal sebelum lulus siswa harus mengikuti ujian sertifikasi kompetensi yang soalnya sudah komprehensif dan terintegrasi antara akuntansi dan pajak. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman dan keterampilan para guru dan siswa SMKN 2 Bukittinggi jurusan akuntansi tentang akuntansi pajak. Metode yang digunakan adalah pelatihan, perancangan modul dan pendampingan. Untuk pelatihan, dimulai dari pemaparan perubahan peraturan pajak terbaru (PMK 58) dilanjutkan dengan menghitung, mencatat, serta menyajikan pajak serta melakukan simulasi penyelesaian soal komprehensif akuntansi pajak. Perancangan modul  akuntansi pajak yang disederhanakan serta kasus-kasus akuntansi pajak yg diikuti dengan penyelesaiannya dilakukan untuk mempermudah guru dan siswa mempelajari akuntansi pajak. Hasil dari pengabdian ini adalah adanya peningkatan kemampuan guru dan siswa dalam akuntansi pajak, adanya buku modul yang mudah dipahami dan soal-soal latihan akuntansi pajak yang bervariasi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Disamping itu pengabdian ini juga mentargetkan luaran lainya yaitu publikasi dimedia cetak/elektronik, adanya video kegiatan dan artikel pengabdian yang akan diterbitkan di jurnal nasional ber ISBN.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Ferdawati, F., Sriyunianti, F., Haslina, W., Ananto, R. P., & Handayani, D. (2024). Peningkatan Pemahaman Akuntansi Pajak Bagi Guru Dan Siswa Jurusan Akuntansi SMKN 2 Bukittinggi. JAPEPAM, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 33–40. Retrieved from https://akuntansi.pnp.ac.id/japepam/index.php/japepam/article/view/54

Issue

Section

Articles