Pelatihan Pengelolaan Keuangan dan Sosialisasi E-Commerce Bagi Pelaku Usaha Sepatu Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.30630/japepam.v1i1.7Keywords:
E-commerce, Pengelolaan Keuangan, UMKM, Strategi Manajemen, Manajemen Bisnis , Loyal CustomerAbstract
Jumlah pelaku usaha UMKM di Indonesia yang mencapai 99% dari keseluruhan pelaku usaha yang ada. Hal ini dapat dimaknai sebagai betapa pentingnya keberadaan pelaku UMKM ini dalam mewarnai perkembangan perekonomian di Indonesia. Hanya performa UMKM di Indonesia masih menghadapi kendala dalam menjalankan usaha. Diantaranya adalah kesulitan modal, manajemen usaha, strategi menghadapi pesaing, distribusi barang yang efektif, penguasaan teknologi, dan tidak mengenal pelayanan prima sebagai wujud terlahirnya loyal customer. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memotivasi dan membantu mitra (pelaku usaha sepatu kulit forlenti) dalam bidang manajemen bisnis dan pelayanan prima untuk mengembangkan usahanya. Pengembangan dan peningkatan yang dilakukan berupa penambahan ilmu pengetahuan dan pengembangan keterampilan membuat rencana pemasaran, mengembangkan pemasaran konvensional menjadi digital marketing, dan praktik pelayanan prima. Dengan adanya kegiatan ini, pemilik dan pelaku pengrajin sepatu Forlenti memiliki rencana strategis dalam memproduksi sepatu, memiliki akun media sosial untuk memperluas pangsa pasar, dan menjalankan pelayanan prima untuk meraih loyal customer.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ermatati Hatta, Dita Maretha Rissi, Syafira Ramadhea JR, Aulia Putri Andini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.