Pelatihan Pengelolaan Keuangan dan Sosialisasi E-Commerce Bagi Pelaku Usaha Sepatu Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Authors

  • Ermatati Hatta Politeknik Negeri Padang
  • Dita Maretha Rissi Politeknik Negeri Padang
  • Syafira Ramadhea JR Politeknik Negeri Padang
  • Aulia Putri Andini Politeknik Negeri Padang

Abstract

Jumlah pelaku usaha UMKM di Indonesia yang mencapai 99% dari keseluruhan pelaku usaha yang ada. Hal ini dapat dimaknai sebagai betapa pentingnya keberadaan pelaku UMKM ini dalam mewarnai perkembangan perekonomian di Indonesia. Hanya performa UMKM di Indonesia masih menghadapi kendala dalam menjalankan usaha. Diantaranya adalah kesulitan modal, manajemen usaha, strategi menghadapi pesaing, distribusi barang yang efektif, penguasaan teknologi, dan tidak mengenal pelayanan prima sebagai wujud terlahirnya loyal customer. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memotivasi dan membantu mitra (pelaku usaha sepatu kulit forlenti) dalam bidang manajemen bisnis dan pelayanan prima untuk mengembangkan usahanya. Pengembangan dan peningkatan yang dilakukan berupa penambahan ilmu pengetahuan dan pengembangan keterampilan membuat rencana pemasaran, mengembangkan pemasaran konvensional menjadi digital marketing, dan praktik pelayanan prima. Dengan adanya kegiatan ini, pemilik dan pelaku pengrajin sepatu Forlenti memiliki rencana strategis dalam memproduksi sepatu, memiliki akun media sosial untuk memperluas pangsa pasar, dan menjalankan pelayanan prima untuk meraih loyal customer.

Downloads

Published

2022-11-06

How to Cite

Hatta, E., Rissi, D. M., Syafira Ramadhea JR, & Aulia Putri Andini. (2022). Pelatihan Pengelolaan Keuangan dan Sosialisasi E-Commerce Bagi Pelaku Usaha Sepatu Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. JAPEPAM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Padang, 1(1), 30–32. Retrieved from https://akuntansi.pnp.ac.id/japepam/index.php/japepam/article/view/7