Pengaruh Kompensasi Finansial dan Non Finansial Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada BPR Di Kota Payakumbuh)

Main Article Content

Afifa Aliyya
Rini Frima
Fitra Oliyan

Abstract

Salah satu faktor keberhasilan sebuah perusahaan adalah adanya sumber daya manusia berupa karyawan yang kompeten untuk dapat menghasilkan kinerja yang baik. Meningkatkanya kinerja karyawan dapat dilakukan dengan pemberian kompensasi baik finansial maupun non finansial. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompensasi finansial dan non finansial berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan BPR di Kota Payakumbuh. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2021 dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data penelitian menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) dan analisis jalur dengan bantuan software Stata 16. Sampel penelitian sebanyak 37 responden dari total 58 karyawan BPR di Kota Payakumbuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya kompensasi non finansial yang secara langsung mempengaruhi kinerja karyawan. Sementara itu, kompensasi finansial tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Kompensasi finansial dan non finansial jika dimediasi oleh variabel motivasi tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan BPR di Kota Payakumbuh.

Article Details

How to Cite
Afifa Aliyya, Rini Frima, & Fitra Oliyan. (2022). Pengaruh Kompensasi Finansial dan Non Finansial Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada BPR Di Kota Payakumbuh). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(1), 50-57. https://doi.org/10.30630/jabei.v1i1.10
Section
Articles