Pengaruh Minat, Dukungan Orang Tua dan Citra Kampus terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang (Studi Empiris pada Mahasiswa Program Studi D-III dan D-IV Akuntansi Politeknik Negeri Padang)

Main Article Content

Putri Nanda Leri
Elfitri Santi
Irda Rosita

Abstract

Perguruan tinggi merupakan satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang dalam memilih perguruan tinggi dan bahkan jurusan yang akan mereka ambil, karena akan berdampak pada kehidupannya di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah minat, dukungan orang tua dan citra kampus berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang Angkatan 2020. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yaitu random sampling. Data yang digunakan merupakan data primer. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) minat berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa memilih jurusan akuntansi; (2) dukungan orang tua tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih jurusan akuntansi; serta (3) citra kampus berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa memilih jurusan akuntansi.

Article Details

How to Cite
Putri Nanda Leri, Elfitri Santi, & Irda Rosita. (2022). Pengaruh Minat, Dukungan Orang Tua dan Citra Kampus terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang (Studi Empiris pada Mahasiswa Program Studi D-III dan D-IV Akuntansi Politeknik Negeri Padang). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(1), 79-85. https://doi.org/10.30630/jabei.v1i1.14
Section
Articles