Pengaruh Financial Literacy, Financial Attitude dan Locus of control terhadap Financial Management Behavior (Studi Kasus pada Mahasiswa Bidikmisi dan Non Bidikmisi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang)

Main Article Content

Velya Anggraini
Fera Sriyunianti
Armel Yentifa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh financial literacy, financial attitude, dan locus of control terhadap financial management behavior pada mahasiswa bidikmisi dan non bidikmisi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan financial literacy, financial attitude, locus of control, dan financial management behavior antara mahasiswa bidikmisi dan non bidikmisi. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari pengisian kuesioner kepada 237 responden dengan rincian 102 mahasiswa non bidikmisi dan 135 mahasiswa bidikmisi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji beda independent samples T Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif secara simultan dari financial literacy, financial attitude dan locus of control terhadap financial management behavior. Secara parsial terdapat pengaruh positif dari financial literacy dan locus of control, namun tidak terdapat pengaruh dari financial attitude terhadap financial management behavior. Berdasarkan uji beda menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara rata-rata kelompok bidikmisi dan non bidikmisi dari financial literacy, financial attitude, locus of control, dan financial management behavior.

Article Details

How to Cite
Velya Anggraini, Fera Sriyunianti, & Armel Yentifa. (2022). Pengaruh Financial Literacy, Financial Attitude dan Locus of control terhadap Financial Management Behavior (Studi Kasus pada Mahasiswa Bidikmisi dan Non Bidikmisi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(1), 116-128. https://doi.org/10.30630/jabei.v1i1.21
Section
Articles