Peran Perangkat Desa dalam Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Kasus di Nagari Rao-Rao Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar)

Main Article Content

Annisa Oktaviona
Wiwik Andriani
Gustati Gustati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perangkat desa di Nagari Rao-Rao Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar dalam akuntabilitas pengelolaan keuangan desa yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban. Penelitian ini adalah penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informasi data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Informasi bersumber dari kepala desa, sekretaris desa, kaur keuangan, kaur perencanaan, kaur tata usaha dan umum, kasi pelayanan, kasi kesejahteraan, kasi pemerintahan, dan kepala jorong. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menganalisis data dalam penelitian ini yaitu data reduction, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari tinjauan menunjukkan bahwa peran perangkat desa dalam akuntabilitas pengelolaan keuangan desa di Nagari Rao-Rao Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar sudah dapat dikatakan berperan dan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Perangkat sudah menjalankan tugas sesuai dengan perannya, meskipun ada beberapa tugas yang memiliki batasan. Hambatan yang ada di Nagari Rao-Rao dalam pengelolaan keuangan adalah keterlambatan dalam proses pelaporan.

Article Details

How to Cite
Annisa Oktaviona, Wiwik Andriani, & Gustati, G. (2022). Peran Perangkat Desa dalam Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Kasus di Nagari Rao-Rao Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(2), 9-17. https://doi.org/10.30630/jabei.v1i2.23
Section
Articles