Peran Audit Internal dalam Pencegahan Fraud pada Sektor Pemerintahan (Studi Kasus pada Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Barat)

Main Article Content

Yolivia Nurfadillah
Rasyidah Mustika
Armel Yentifa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran audit internal dalam pencegahan fraud pada sektor pemerintahan. Penelitian ini dilakukan di Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi dan wawancara dengan fungsional auditor di Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Barat. Menurut Rezaee & Riley (2005) terdapat tiga unsur yang harus diperhatikan dalam mencegah terjadinya fraud. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) audit internal Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Barat dalam menciptakan dan mengembalikan budaya yang menghargai kejujuran dan nilai-nilai etika yang tinggi, telah sesuai dengan perannya dalam mencegah terjadinya fraud; (2) audit internal Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Barat dalam penerapan dan evaluasi proses pengendalian anti-fraud, telah sesuai dengan perannya dalam mencegah terjadinya fraud; (3) audit internal Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Barat dalam pengembangan proses pengawasan (oversight process), telah sesuai dengan perannya dalam mencegah terjadinya fraud.

Article Details

How to Cite
Yolivia Nurfadillah, Rasyidah Mustika, & Armel Yentifa. (2022). Peran Audit Internal dalam Pencegahan Fraud pada Sektor Pemerintahan (Studi Kasus pada Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Barat). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(2), 18-22. https://doi.org/10.30630/jabei.v1i2.24
Section
Articles