Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Wajib Laporan Tahunan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)

Main Article Content

Dilla Putri Cahyani
Gustati Gustati
Nurul Fauzi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, umur listing, kepemilikan publik, profitabilitas terhadap pengungkapan wajib laporan tahunan. Pengungkapan wajib laporan tahunan pada penelitian ini diukur menggunakan indeks pengungkapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk penelitian asosiatif. Populasi pada penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Sampel yang digunakan sebanyak 29 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh terhadap pengungkapan wajib laporan tahunan. Sedangkan umur listing, kepemilikan publik, profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh terhadap pengungkapan wajib laporan tahunan. Ukuran perusahaan, umur listing, kepemilikan publik, profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap pengungkapan wajib laporan tahunan.

Article Details

How to Cite
Dilla Putri Cahyani, Gustati, G., & Nurul Fauzi. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Wajib Laporan Tahunan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(2), 23-29. https://doi.org/10.30630/jabei.v1i2.25
Section
Articles