Pengaruh Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)

Main Article Content

Rama Datul Ilham
Desi Handayani
Anda Dwiharyadi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya isu negatif yang beredar di perusahaan pertambangan di Indonesia, salah satunya laporan indikasi penghindaran pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tax avoidance pada perusahaan pertambangan seperti kepemilikan institusional, dewan komisaris, komite audit, kualitas audit, dan corporate social responsibility. Untuk mengukur tingkat tax avoidance perusahaan digunakan proksi Cash effective tax rate (CETR). Sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 15 perusahaan Pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2017 - 2020. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa annual report dan sustainability report. Hasil penelitian menunjukkan kepemilikan institusional dan komite audit memiliki pengaruh terhadap tax avoidance. sedangkan dewan komisaris, kualitas audit, corporate social responsibility tidak memiliki pengaruh terhadap tax avoidance.

Article Details

How to Cite
Rama Datul Ilham, Desi Handayani, & Anda Dwiharyadi. (2022). Pengaruh Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(2), 56-64. https://doi.org/10.30630/jabei.v1i2.30
Section
Articles