Persepsi Penghargaan Finansial dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Berkarir sebagai Akuntan Publik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Padang)

Main Article Content

Gustia Mauri
Eliyanora Eliyanora
Eka Siskawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi penghargaan finansial dan pertimbangan pasar kerja terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir sebagai akuntan publik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari kuesioner dan diukur menggunakan skala likert. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa D-IV Akuntansi semester 8 Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 53 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda dengan menggunakan Software SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi penghargaan finansial berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir sebagai akuntan publik. Hal ini berarti semakin besar penghargaan finansial yang diberikan maka semakin meningkat minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir sebagai akuntan publik. Pertimbangan pasar kerja berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir sebagai akuntan publik. Hal ini berarti semakin tinggi persepsi mahasiswa akuntansi mengenai pertimbangan pasar kerja maka semakin meningkat minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir sebagai akuntan publik.

Article Details

How to Cite
Gustia Mauri, Eliyanora, E., & Eka Siskawati. (2022). Persepsi Penghargaan Finansial dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Berkarir sebagai Akuntan Publik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Padang). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(2), 65-73. https://doi.org/10.30630/jabei.v1i2.32
Section
Articles