Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Financial Technology Terhadap Minat Penggunaannya di Kota Padang

Main Article Content

Cut Muthia Kesuma Hayati
Nurul Fauzi
Ferdawati Ferdawati

Abstract

Masyarakat sudah banyak yang menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-harinya, seperti melakukan transfer dari jarak jauh dan membeli sesuatu melalui online shop. Hal ini disebut dengan teknologi keuangan atau financial technology. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat dan kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan financial technology di Kota Padang. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori Technology Acceptance Model (TAM) yang berfokus pada dua faktor yang mempengaruhi minat penggunaan financial technology yaitu faktor persepsi manfaat dan kemudahan penggunaan. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik survei melalui penyebaran kuesioner. Data yang terkumpul dari 16 pertanyaan kuesioner kemudian diolah menggunakan SPSS 21. Penelitian ini menggunakan 175 orang responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi manfaat memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan fintech di Kota Padang. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan fintech di Kota Padang.

Article Details

How to Cite
Cut Muthia Kesuma Hayati, Nurul Fauzi, & Ferdawati, F. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Financial Technology Terhadap Minat Penggunaannya di Kota Padang. Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(2), 86-90. https://doi.org/10.30630/jabei.v1i2.35
Section
Articles