Analisis Minat Pengguna E-Money Pada Pelanggan Jagung F1 Gian
Main Article Content
Abstract
Uang elektronik (E-Money) didefinisikan sebagai alat pembayaran dalam bentuk elektronik dimana nilai uangnya disimpan dalam chip atau server. Jagung F1 Gian merupakan usaha kuliner dan oleh-oleh yang memproduksi dan menjual berbagai makanan olahan jagung manis. Sistem pembayaran yang tersedia di Jagung F1 Gian masih tunai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis minat pengguna e-money pada pelanggan Jagung F1 Gian. Minat pengguna e-money bisa dipengaruhi oleh variabel manfaat, kemudahan penggunaan, dan kondisi fasilitas. Variabel manfaat dan kemudahan penggunaan merupakan dua konstruk utama dari model Technology Acceptance Model (TAM). Metode penelitian adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pelanggan Jagung F1 Gian berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat, responden dalam penelitian ini yang berjenis kelamin perempuan sebanyak 88 orang dengan persentase 80%, pelanggan yang berusia 20 sampai 29 tahun yang lebih banyak menggunakan e-money, 52 orang responden memiliki jenjang pendidikan S1/D4 (47,3%), 40 orang responden berstatus sebagai pelajar/mahasiswa (36,4%), 35 orang memiliki pendapatan 2.500.000-5.000.000 dengan persentase 31,8%, Uang elektronik yang lebih banyak digunakan responden yaitu Gopay, ShoopePay, Dana dan OVO, jenis pembayaran yang ingin dilakukan pelanggan dalam bertransaksi di Jagung F1 Gian. Terdapat 94 orang memilih melakukan pembayaran menggunakan e-money dengan persentase 85,5%.