Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Integritas Laporan Keuangan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)

Main Article Content

Megawati Nawara Putri
Gustati
Wiwik Andriani

Abstract

Laporan keuangan adalah komponen yang penting dalam sebuah perusahaan karena merupakan sarana komunikasi antara perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan kelangsungan usaha sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, leverage, dan kualitas audit terhadap integritas laporan keuangan. Integritas laporan keuangan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan indeks konservatisme. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan termasuk penelitian asosiatif (hubungan). Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi (consumer goods) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, kepemilikan institusional dan leverage berpengaruh positif terhadap integritas laporan keuangan. Sedangkan kepemilikan manajerial dan kualitas audit tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan.

Article Details

How to Cite
Megawati Nawara Putri, Gustati, & Wiwik Andriani. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Integritas Laporan Keuangan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(1), 8-14. https://doi.org/10.30630/jabei.v1i1.6
Section
Articles