Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan UMKM (Studi Kasus pada Usaha Mikro Bidang Kerajinan di kota Padang)

Main Article Content

Eka Safitri
Fera Sriyunianti
Novrina Chandra

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan UMKM (studi kasus pada usaha mikro bidang kerajinan di Kota Padang). Usaha mikro bidang kerajinan banyak digemari masyarakat pada umumnya ditambah lagi dengan adanya dorongan dari pemerintah untuk memberikan pembinaan kepada pelaku usaha berupa program unggulan sehingga meningkatkan jumlah pelaku usaha, namun masih banyak masalah yang dihadapi pelaku usaha dalam mengelola keuangan usahanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden adalah pelaku usaha yang bergerak dalam bidang kerajinan di wilayah Kota Padang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara langsung maupun menggunakan google form secara online. Hipotesis di uji secara statistik dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program IBM SPSS versi 25.  Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan diperoleh hasil bahwa variabel literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap perilaku pengelolaan keuangan UMKM, sedangkan variabel sikap keuangan berpengaruh terhadap perilaku pengelolaan keuangan UMKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perilaku pengelolaan keuangan dipengeruhi oleh sikap keuangan, yang mana artinya semakin baik sikap keuangan pelaku usaha, maka semakin baik pula pengelolaan keuangannya.

Article Details

How to Cite
Safitri, E., Sriyunianti, F., & Chandra, N. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan UMKM (Studi Kasus pada Usaha Mikro Bidang Kerajinan di kota Padang). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 2(1), 118-128. https://doi.org/10.30630/jabei.v2i1.64
Section
Articles