Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)
DOI:
https://doi.org/10.30630/aista.v1i2.19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, biaya pendidikan dan lama pendidikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi perguruan tinggi di Kota Padang. Sampel yang digunakan sebanyak 142 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan convenience sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda yang diolah dengan bantuan program IMB SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi karir, motivasi kualitas dan lama pendidikan berpengaruh dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk, sedangkan variabel motivasi ekonomi dan biaya pendidikan tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk
References
Aji, M. S., Rispantyo, R., & Kristianto, D. (2020). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Survei pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 15(4), 528–536. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/3738
Anggraini, D., & Nursiam. (2019). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Aryani, N. P. D., & Erawati, N. M. A. (2016). Pengaruh Motivasi Kualitas, Karir, Ekonomi, Dan Biaya Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 16(1), 362–384.
Baiturrahman, M., Mahsuni, A. W., & Junaidi. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak) (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Feb Universitas Islam Malang Angkatan 2016-2017). 2(0341), 552249.
Berlinasari, M., & Erawati, N. M. A. (2017). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan Dan Lama Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Ppak. E-Jurnal Akuntansi, 2017(1), 447–476.
Fatmawati, I. V. (2017). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Jurnal Ekonomi.
Ikbal, M. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang).
Inayah, & Ratnawati, D. (2022). Motivasi Karir, Lama Pendidikan Dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i1.3714
Meitiyah. (2014). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Sarjana Akuntansi Untuk Mendaftar Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Universitas Hasanuddin Makassar.
Putri, N., Yuesti, A., & Sudiatana, I. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Empiris pada Mahasiswa Prodi Akuntansi, Universitas Mahasaraswati Denpasar). Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen, 1(2), 151–187.
Sriantari, N. K., Sulindawati, N. L. G. E., & Dewi, P. E. D. M. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). E-Jurnal Akuntansi, 2017(2).
Widiyani, N. L. I. A., & Badera, I. D. N. (2019). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan Dan Lama Masa Studi Pada Minat Mahasiswa Mengikuti PPAk. E-Jurnal Akuntansi, 29(1), 188. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i01.p13
Widyastuti, Suryaningsum, & Juliana. (2004). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi VII, 320–335.